Swipe up untuk membaca artikel

WAJIB COBA! Fitur Unggulan Acer Nitro 5 AMD Ryzen Series

Acer Nitro 5 AMD Ryzen Series : Gamer casual atau gamer pemula mendapatkan pilihan laptop gaming baru dengan Acer yang resmi luncurkan Nitro 5 (2022). Ini merupakan laptop gaming entry level generasi terbaru yang dibawa Acer ke Indonesia.

Laptop gaming ini dirilis dalam dua pilihan prosesor, yakni menggunakan Intel dan AMD. Kali ini model yang akan kami review adalah Nitro 5 (2022) yang dipacu langsung dengan prosesor AMD Ryzen 6000 series.

Fitur Unggulan Acer Nitro 5 AMD Ryzen Series

Jadi tidak perlu berpanjang lebar, mari kita bahas selengkapnya mengenai kemampuan dari Acer Nitro 5 versi AMD melalui artikel yang kami sudah susun berikut ini:


Desain Nitro 5

Dari desain saja, Nitro 5 yang rilis tahun 2022 ini banyak berubah dari generasi sebelumnya. Mulai dari penempatan logo Acer yang kini diposisikan lebih ke pinggir dan berukuran lebih kecil, serta desain baru pada cover.

Pada bagian cover Nitro 5 kini terdapat aksen garis dengan tarikan dinamis yang mewarnai dasar hitam yang melapisi bodi dari laptop gaming ini.

Membuka bagian dalam, Anda dapat melihat saluran udara di atas dan bawah yang berada di atas keyboard. Ini merupakan bagian dari desain sistem pendingin yang dimiliki oleh Acer Nitro 5.

Detail mengenai sistem pendinginnya, Nitro 5 menggunakan dua kipas pendingin Acer CoolBoost. Udara panas dari dalam laptop dialirkan ke quad exhaust yang berjajar di bagian belakang. Dengan sistem pendingin ini, aliran udara menjadi 25% lebih baik.

Kecepatan dari kipas pendingin Acer CoolBoost ini bisa disesuaikan kecepatannya lewat aplikasi NitroSense. Jika sedang bermain game, Anda bisa set dengan kecepatan maksimal agar proses pendinginan juga berjalan lebih optimal, begitu juga sebaliknya.

Akses ke NitroSense bisa lebih cepat melalui hotkey atau tombol yang dihadirkan di bagian keyboard. Cukup sekali tekan untuk bisa membuka aplikasi NitroSense.

Mengenai keyboard, tentunya Acer sudah menyertakan RGB yang membuat keyboardnya menyala terang warna-warni. Acer menggunakan RGB 4 zona dan warna yang ditampilkan bisa Anda atur melalui aplikasi NitroSense yang sama.

Di tiap sisinya terdapat berbagai port, seperti port HDMI 2.1, port USB 3.2 Gen1, 2 port USB 3.2 Gen 2, 1 port USB Type C, RJ-45 dan jack audio 3,5mm.



Layar dengan Refresh Rate Tinggi Memanjakan

Acer Nitro 5 memiliki layar IPS dengan lebar 15,6 inci dan beresolusi Full HD. Layar laptop ini dimuat dalam Slim Bezel yang tipis dan membuatnya tampak stylish.

Beragam fitur pendukung gaming melengkapi layar laptop ini. Seperti refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Kedua fitur ini menghasilkan tampilan gameplay yang smooth, serta mengurangi efek bayangan pada gambar.

Layar dari Nitro 5 juga dibekali dengan fitur AMD FreeSync yang menjaga kecepatan frame rate agar tetap stabil. Frame rate yang naik turun jelas mengganggu pengalaman bermain game di laptop ini. Kehadiran fitur AMD FreeSync meminimalisir terjadinya hal tersebut.

Performa Pacu AMD Ryzen 5 6600H

Di dalam laptop ini Anda mendapatkan prosesor AMD Ryzen 5 6600H. Prosesor ini memiliki fabrikasi 6m, 8 core dan 16 threads. AMD Ryzen 5 6600H menawarkan clock speed hingga 5.0 GHz yang tentu saja sangat cepat.

Kartu grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce RTX 3050 4GB GDDR6 yang dilengkapi ray tracing untuk menghadirkan grafik game terlihat lebih realistis. Kinerjanya didukung dengan RAM 8 GB DDR5 dan memori internal 512 GB berjenis SSD untuk penyimpanan data.

Apabila Anda merasa RAM yang dibutuhkan lebih dari ini atau Anda butuh peningkatan performa, Anda bisa dengan mudah melakukan upgrade. RAM dari Nitro 5 bisa diupgrade hingga kapasitas maksimal 32 GB.

Dua game kami mainkan dengan sangat lancar di laptop ini, Cyberpunk 2077 dan Valorant. Kinerjanya menurut kami lumayan bagus dan bakal bisa mengakomodir berbagai kebutuhan gaming dari para gamer casual.

Gameplay makin terasa imersif berkat adanya fitur DTS: X Ultra. Fitur ini membuat suara terdengar lebih powerful dan seolah mengelilingi Anda. Untuk pengalaman yang maksimal, kami menyarankan untuk menggunakan headphone dan sejenisnya.

Khusus untuk gaming online, pengalaman Anda bakal terjaga dengan adanya WiFi 6E yang tentu lebih cepat dibanding WiFi 5. Tidak hanya membuat internet lebih cepat, terpasang Intel Killer E2600 yang membuat laptop mampu memprioritaskan jaringan internet untuk game yang Anda tengah mainkan.

Kesimpulan

Acer Nitro 5 datang dengan Windows 11 yang berstatus pre-installed, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli OS. Bonus tambahan lain yang diberikan oleh Acer dan menurut kami sangat lumayan adalah Office Home and Student 2021.

Sudah jelas bahwa ini merupakan pilihan laptop gaming yang worth to buy, terutama untuk gamer casual. Spesifikasi dan fiturnya tentu bisa dimanfaatkan untuk menjalankan berbagai game favorit Anda. Intinya untuk gamer casual, Acer Nitro 5 generasi baru ini jelas wajib Anda coba.

Laptop